Perlukah Memberikan Susu Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun?

Perlukah Memberikan Susu Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun?

Setelah beranjak usia 1 tahun, si kecil membutuhkan kalori dan gizi yang lebih banyak dibandingkan ketika ia berumur di bawah 1 tahun. Pemberian ASI saja sudah tidak cukup sehingga biasanya orang tua akan memberikan makanan tambahan berupa MPASI dan juga tambahan susu formula. Susu penambah berat badan anak 1 tahun bisa diberikan apabila si kecil mengalami kekurangan berat badan.

Standar Berat Badan Anak

Untuk anak berusia 0 bulan hingga 12 bulan sesuai dengan WHO yaitu pada saat lahir, bayi akan memiliki berat 3,2 kg untuk perempuan dan 3,3 kg untuk laki-laki. Hingga bulan ke 12, berat badan anak akan bertambah dari 500 g hingga 1 kg bergantung pada proses tumbuh kembang dan fisik si kecil.

Usia 1 – 5 tahun adalah usia emas si kecil di mana di usia ini mereka akan tumbuh dan berkembang dengan pesat. Di sinilah nutrisi dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Kekurangan nutrisi dapat berdampak pada masalah kesehatan misalnya malnutrisi, tubuh kurus, pertumbuhan yang terganggu, dll.

Berat badan anak usia 1 tahun yaitu 8,9 kg untuk perempuan dan 9,6 kg untuk laki-laki, anak usia 2 tahun yaitu 11,5 kg untuk perempuan dan 12,2 kg untuk laki-laki, anak usia 3 tahun yaitu 13,9 kg untuk perempuan dan 14,3 kg untuk laki-laki, anak usia 4 tahun yaitu 16,1 kg untuk perempuan dan 16,3 kg untuk laki-laki, anak usia 5 tahun yaitu 18,2 kg untuk perempuan dan 18,3 kg untuk laki-laki.

Perlukah Minum Susu Penambah Berat Badan Anak?

Faktanya, tidak semua anak membutuhkan susu untuk menambah berat badan hanya karena anggapan bahwa “bayi yang sehat adalah bayi yang gemuk”. Ini adalah sebuah kesalahpahaman karena terlalu gemuk juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Susu penambah berat badan anak 1 tahun tinggi lemak hanya boleh diberikan pada bayi dengan berat badan kurang dan berat badan yang sangat kurus. Keyakinan lama ini di mana bayi yang sehat adalah bayi yang gemuk dapat menyebabkan obesitas, yang dapat membahayakan kesehatan bayi Anda.

Untuk menentukan apakah berat badan si kecil sudah ideal, Anda dapat mengikuti standar yang telah dibuat oleh WHO. Anak yang terlihat kurus atau gemuk bukan berarti tidak sehat karena ada banyak faktor penyebabnya misalnya tinggi badan. Maka dari itu penting itu menimbang berat badan anak secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Apabila memang berat badan si kecil jauh di bawah berat badan ideal, Anda bisa memberikan susu untuk menambah berat badannya. Nutren Junior dari Nestle adalah susu penambah berat badan anak 1 tahun yang dapat dikonsumsi hingga ia berusia 10 tahun yang juga akan membantu mendukung tumbuh kembang si kecil.

Parenting